XYZ / Olahraga / Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya pasti tahu bila kedua film tersebut berisi aksi – aksi dan gerakan yang keren dan cukup berbahaya. Gerakan tersebut dinamakan Parkour, dibaca paar kuur atau free running. Namum pasti sebagian dari anda belum mengetahui apa itu parkour. Sekarang, Mari kita bahas tentang definisi olahraga parkour, sejarahnya dan hal – hal – lainnya tentang olahraga gerakan bebas ini.

Olahraga Parkour

Parkour mempunyai definisi bergerak atau berpindah tempat dari point A ke point B se efisien dan secepat mungkin yang menggunakan prinsip berlari dengan mengedepankan keindahan bergerak sekaligus diimbangi oleh kemampuan dari tubuh manusia itu sendiri. Gerakan ini sendiri berasal dari Perancis. pada abad ke 19 , seorang pelaut Prancis bernama Georges Hebert mengembangkan metode latihan yang mampu mengeluarkan energi manusia yang tersembunyi dalam tubuhnya. Hebert yang terinspirasi oleh suatu suku di Afrika yang memiliki kemampuan atletik dan gimnastik. Ternyata, yang bisa membuat suku tersebut memiliki kemampuan tersebut adalah lingkungan sekitarnya yang telah melatih mereka secara alami selama bertahun-tahun.Akhirnya, Hebert menciptakan metode latihan fisik yang diberi nama methode naturalle yang terkenal dengan slogannya “etre fort pour etre utile” atau ‘to be strong, to be useful’.

Latihan ini meliputi sepuluh gerakan dasar yaitu berjalan, berlari, melompat, berputar, quapedral movement, keseimbangan, melempar, memegang, memanjat, dan berenang. Metode gerakan inilah yang akhirnya dipakai oleh para tentara Prancis di perang Vietnam. Salah satu tentara perancis yang mengembangkan gerakan tersebut menjadi semakin beragam adalah Raymond Belle, ayah dari David Belle, pria yang menjadi pemeran utama Leito di Film B-13 District sekaligus orang yang memperkenalkan Olahraga ini ke seluruh dunia.

David Belle

image credit: www.aceshowbiz.com

Pada umur 15 tahun, david dan teman – temannya membuat tim parkour yang bernama “yamakasi” disinilah cikal bakal dari film yamakashi. Namun karena ada perbedaan pendapat dengan salah satu temannya yang bernama sebastian fulcan, sang pencipta freerunning. Karena david berpendapat gerakan parkour sangat berbeda dengan free running, yang membuat ia akhirnya meninggalkan tim yamakasi.

Tujuan dan inti dari Parkour adalah penggunanya mampu menghadapi semua rintangan di sepanjang track yang dilaluinya , baik di lingkungan alami maupun di sudut jalan kota, dengan mengunakan beberapa gerakan dan mengkombinasikannya dengan elastisitas tubuh dan kendali penuh pada gerakan tersebut sehingga menghasilkan gerakan yang unik dan keren. Parkour juga mengandung pembelajaran yang positif pada pola pikir, yaitu menerima tantangan untuk melawan semua rasa takut dari dalam diri kita sendiri. Karena kadangkala setiap rintangan berbeda beda. Parkour juga mengajarkan kita untuk belajar dari kegagalan yang kita dapat.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

e-sport-gaming

Mengenal E-Sport Gaming. Cabang Olahraga Baru dengan Menggunakan Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan memberi pengaruh perubahan yang lebih ...