XYZ / Olahraga / Mengenal E-Sport Gaming. Cabang Olahraga Baru dengan Menggunakan Teknologi

Mengenal E-Sport Gaming. Cabang Olahraga Baru dengan Menggunakan Teknologi

Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat dan memberi pengaruh perubahan yang lebih maju pada semua aspek kehidupan. Termasuk olahraga. Pada era yang bisa dibilang sudah sangat canggih ini. Olahraga pun tidak mau ketinggalan dalam penggunaan teknologi dan terciptalah cabang olahraga baru yang diberi nama E-Sport gaming.

e-sport-gaming

Definisi E-Sport Gaming sendiri beragam. Namun yang dianggap sebagai definisi utama E-Sport gaming adalah suatu kegiatan adu ketangkasan antar individu atau kelompok yang tidak terbatas pada kegiatan fisik saja namun juga menggunakan perangkat elektronik sebagai alat pendukung kegiatan tersebut. Olahraga yang bisa dimainkan pada e- sport ini pun beragam. Dan E-Sport gaming mempunyai suatu fasilitas untuk mewadahi komunitas – komunitas e- sport di berbagai tempat untuk berbagai kegiatan sperti bermain video game, berolahraga memakai perangkat elektronik, sosialisasi dan berbagi informasi terbaru pada sesama anggota komunitas.

Olahraga fisik yang masuk menjadi olahraga E-Sports meliputi voli, fitness, tinju, dan pernapasan. Olahraga ini menggunakan alat kinect video game. Misalnya kita memainkan game pernafasan Zen. Maka gerakan yang dilakukan pemain akan muncul di layar. Bila ada kesalahan gerakan, maka konsol kinect akan otomatis bergetar dan memberitahukan gerakan yang benar.

Lalu ada olahraga non fisik. Olahraga ini tidak menggunakan ketangkasan fisik tetapi menggunakan ketangkasan non fisik pemain dalam menggunakan konsol game untuk menggerakan tokoh dalam game yang dimainkan, mengatur strategi dan menekan tombol yang tepat. Contohnya kegiatan E-Sport bermain game warcraft, counter strike, Dan yang paling terkenal saat ini dalam dunia E-sport yaitu game Defense Of The Ancients atau DOTA.

peserta e sport gaming

Teknologi game yang dipakai untuk E-sport pun berkembang seiring dengan perangkat yang dipakai. Sebagai contoh Dota, game yang dirilis oleh Valve sekitar tahun 2008 kini telah berkembang pesat dengan berbagai fitur dan teknologi baru untuk memberi tantangan yang lebih sulit pada pemain. Namun hal ini justru membuat pemain semakin penasaran dan merasa tertantang untuk memainkan game ini. Bahkan saat ini karena banyaknya pemain dan komunitas yang memainkan game ini di berbagai belahan dunia, berbagai lomba diadakan bahkan kejuaraan tertinggi Game ini yaitu The International berhasil membuat tim di seluruh dunia bersaing untuk memperebutkan juara dunia dan hadiah uang yang sangat besar.

Game ini berhasil mengangkat nama E-Sports dan mengenalkan E-Sport ke seluruh dunia sehingga E-Sport diangkat menjadi salah satu cabang olahraga dunia baru –baru ini. Perangkat komputer yang digunakan tidak sembarang perangkat. Perangkat yang digunakan adalah perangkat teknologi terbaru berspesifikasi tinggi yang khusus dibuat untuk menunjang kegiatan olahraga E-Sports ini.

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Olahraga Parkour

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya ...