XYZ / Berkebun / Macam-macam Media Tanam Hidroponik

Macam-macam Media Tanam Hidroponik

Tanaman hidroponik merupakan tanaman yang ditanam tanpa menggunakan tanah tetapi menggunakan air sebgai media tanam utama sekaligus nutrisi bagi tanaman tersebut. Ada juga yang tidak langsung di air, melainkan melalui beberapa macam media tanam hidroponik, yang berperan menahan air dan kelembaban bagi akar tanaman. Tanaman hidroponik dinilai ramah lingkungan karena mengunakan barang – barang bekas yang bisa didaur ulang atau recycle, tanaman hidroponik juga tidak menggunakan pestisida sama sekali sehingga tanaman ini terjamin kesegaran, kebersihan, dan kesehatannya. Cara menanam hidroponik dipakai oleh orang – orang yang mempunyai hobi berkebun namun tidak mempunyai lahan yang besar.

Jenis media cara menanam hidroponik pun berbeda- beda, ada hidroponik dengan sistem kultur air, yaitu dengan media air kolam. Tanaman yang bisa ditanam dengan sistem kultur air adalah bayam, kangkung, dan lainnya. Ada juga yang memakai sistem kultur agregat. Sistem ini menggunakan media tanam selain air, yaitu pasir, sekam dan pecahan batu bata yang ditaruh dalam botol mineral bekas. Pada sistem ini, nutrisi diberikan pada tanaman melalui penyemprotan air yang telah dicampur dengan unsur – unsur hara. Pertumbuhan tanaman yang ditanam secara hidroponik bisa 50% lebih cepat tumbuh dibanding tanaman yang ditanam di tanah .

Berbagai media tanam untuk membuat tanaman hidroponik adalah :

1. Arang sekam

Arang sekam terbuat dari ampas kulit padi yang dibakar, media tanam ini banyak digunakan pada pembibitan tanaman sayur mayur oleh para petani. Bahan ini mudah didapatkan dan harganya murah. Cara pakainya mudah, cukup taruh bibit tanaman diatas arang sekam yang sudah disemprot nutrisi hidroponik

Media tanam hidroponik berupa arang sekam

2. Spoon

spoon merupakan busa yang dipakai untuk mencuci, busa spoon dapat menyerap air dan lumut yang berfungsi untuk memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik

3. Rockwool

Rockwool yang mempunyai nama lain mineral wool merupakan bahan fiber buatan yang bersifat non organik yang mempunyai fungsi menahan udara dan air untuk dapat diserap oleh tanaman. Namun yang perlu diperhatikan adalah rockwool memiliki tingkat keasaman yang tinggi.

macam media tanam hidroponih berupa rockwool

4. Cocopeat

Cocopeat merupakan bahan penyemai bibit tanaman yang dibuat dari sabut kelapa.cocopeat mempunyai bentuk seperti biji.

5. Perlite dan Pumice

Perlite dan pumice merupakan batuan vulkanik yang terbentuk secara alami dari letusan gunung berapi, batuan ini memiliki kandungan unsur hara dan air yang cukup tinggi yang berguna untuk percepatan pertumbuhan tanaman.

 

Banyak jenis sayuran dan buah – buahan yang bisa anda tanam melalui cara ini, seperti tomat, cabai, stroberi dan masih banyak jenis buah – buahan lain. Cara ini sangat cocok untuk anda yang tinggal di perkotaan dan hanya mempunyai lahan yang terbatas. Selain itu, buah dan sayuran yang anda tanam bisa anda jamin sendiri kualitas, rasa, dan kebersihan tanaman tersebut karena tanaman ini bebas dari segala bahan kimia dan racun pestisida. Dan yang pasti, media tanam hidroponik ini dapat digunakan ulang setelah anda panen. Menarik bukan?

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Olahraga Parkour

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya ...