XYZ / Parenting / Beberapa Faktor Penyebab Anak Jadi Pemalu dan Pendiam

Beberapa Faktor Penyebab Anak Jadi Pemalu dan Pendiam

Kepribadian anak dibangun dari didikan yang diberikan oleh orang tua dan keadaan disekitarnya. Bagi orang tua, mendidik kepribadian anak itu gampang – gampang susah. Apabila terlalu membebaskan anak akan gampang tepengaruh oleh pergaulan yang ada di luar, namun bila terlalu ketat maka dikhawatirkan hal ini akan berpengaruh pada keadaan pertumbuhan emosional anak yang bisa menyebabkan ia menjadi pemalu dan pendiam.

Beberapa Faktor Penyebab Anak Jadi Pemalu dan Pendiam

Ada beberapa faktor yang menyebabkan anak menjadi pemalu dan pendiam. antara lain :

  1. Rasa Emosional
    Pertumbuhan emosi anak yang kadang suka berubah – ubah tidak tentu sering membuat orang tua salah dalam menyikapi hal tersebut. Orang tua berpikir bahwa sang anak sedang sakit atau terjadi sesuatu, padahal hal ini merupakan hal yang biasa terjadi dalam pertumbuhan perasaan anak. Rasa khawatir orang tua yang berlebihan dapat menyebabkan anak menjadi pendiam dan tertutup. Dan cenderung pemalu ketika bergaul dengan sesama.
  2. Orang yang Asing
    menurut para psikolog, perasaan malu mulai tumbuh pada diri anak ketika berumur 1 tahun. Pada usia tersebut anak sudah mulai bisa membedakan mana orang yang dekat dengan ia dan yang mana orang yang asing untuknya. Sehingga ia merasa malu dan takut bila bertemu orang yang baru dan asing.
  3. Harapan orang tua yang terlampau tinggi
    seringkali orang tua menaruh harapan yang terlalu tinggi bagi si anak. Seperti berprestasi dalam pelajaran dan olahraga, mempunyai kondisi fisik yang sempurna, memiliki bakat daln hal lain. Ini membuat sang anak menjadi pemalu karena takut tidak bisa menjadi seperti harapan orang tua. Hal ini juga membuat anak menjadi pendiam an tidak mau terbuka
  4. Kekhawatiran dan rasa was – was orang tua yang berlebihan
    didikan orang tua yang di iringi rasa khawatir dan was – was dalam menghadapi perkembangan jiwa anak akan menciptakan penghalang yang besar bagi pertumbuhan anak, larangan bermain karena takut jatuh ,terluka ataupun kotor akan membuat anak menjadi takut pergi keluar dan bergaul dengan anak –anak lain
    Anak Pemalu dan Pendiam
  5. Persaingan
    persaingan anak di rumah dengan saudara dan teman sebaya nya di sekolah juga menjadi faktor ia menjadi pemalu dan pendiam. Ia ingin menceritakan hal yang ia alami tetapi ia takut tidak ada yang mau mendengarkan.

Itulah beberapa faktor yang membuat anak menjadi seseorang yang pemalu dan pendiam. Para orang tua bisa mengubah kepribadian tersebut dengan mengubah cara didik anak, perbanyaklah waktu dengan anak anda, tanyakan keaaannya dan apa yang ia sudah lakukan hari ini, konsultasikan keadaan anak dengan psikolog bila perlu untuk mendapatkan pengarahan cara didik yang baik.

*dikirim oleh pihak ketiga

Penulis: Wely Hariyanto

Foto Profil dari Wely Hariyanto
Blogger yang suka kerjasama team :)

Silahkan Berkomentar

x

Check Also

Olahraga Parkour

Parkour, Olahraga Gerakan Bebas yang Mendunia

Anda pernah menonton film yamakashi atau B-13 District? Bagi yang sudah menontonnya ...